topbella

Tuesday, November 17, 2009

Pogram Diet

Sesuai janji gw kemaren gw akan cerita sedikit tentang peogram diet yang lagi gw jalanin. Sebelumnya cari-cari artikel dulu tentang diet yang baik dan benar, biar gak salah aja gitu yang ujung2 nya bukannya berhasil nurunin BB malah naik atau sakit lagi. Gw banyak ikut di forum2 kesehatan trus baca2 tulisannya ko Denny.

Intinya, kalo lagi diet, sebaiknya makan dengan frekuensi lebih sering. Eit… jangan kaget dulu, bukan berarti banyak makan loh, tapi porsi makan diperkecil, cuma frekuensi nya aja yang lebih tinggi, coz ini akan membuat metabolisme tubuh kita lebih aktif, sehingga pembakaran lemak akan terjadi. Analogi nya seperti ini (ngambil dari contoh dari koh Denny juga), misal sekarang kita kerja, mendapatkan penghasilan yang berlebih, dan selebihnya akan disimpan dalam bentuk deposito sebagai cadangan dana darurat. Mendadak karena suatu hal, kita dipecat dari pekerjaan dan tidak mempunyai penghasilan lagi. Nah, ketika kita tidak mendapatkan income lagi, apakah kita akan menghemat dana simpanan di deposito, ataukah malah memboroskan dana simpanan di deposito?


Inilah yang disebut survival mode, atau suatu bentuk pertahanan diri supaya kita bisa hidup. Tentu kita tau apa resikonya kalau tidak mempunyai penghasilan dan tidak memiliki simpanan dana sama sekali. Itulah yang terjadi juga dengan tubuh kita. Tubuh kita tidak mendapatkan energy yang seharusnya dari makanan, maka untuk bertahan hidup, tubuh akan menghemat pembakaran lemak sebisa mungkin supaya cadangannya tidak habis. Dan jika tubuh kita lama tidak mendapat makanan yang masuk, maka sekalinya ada makanan masuk, tubuh akan langsung menyimpannya sebagai cadangan, coz tubuh kita tau kalo dia harus punya cadangan untuk kedepan, nah itu lah tujuan kita kenapa harus makan dengan frekuesi yang sering, biar tubuh tidak menyimpannya jadi Lemak.

Skr udah tau kan kenapa kalo lagi diet harus sering makan, ini contoh makanan gw tiap hari, gak pasti selalu kayak gini sih, kadang di mix.

Sarapan (7.00)
1 telur rebus/ 2 potong roti gandum utuh/ 1 cup Quacker Oatmeal/ Susu WRP + Protein Powder

Snack Pagi: (9.30-10.00)
buah Apel/Pepaya/Pear/Cookis WRP

Makan Siang (12.00-12.30)
Makan Seperti biasa, tapi nasinya dikurangin, kadang pake nasi merah, yang pasti lauknya harus ada proteinnya.

Snack Siang (15.00-16.00)
Cookis WRP/buah2an lagi

Makan Malam: (19.00)
dada ayam/ikan tuna/buah2an lagi/kacang2an/Jus buah pake protein powder

Sebelum Tidur (21.00)
Susu low fat + Protein Powder/ kadang juga di skip sih kalo dah ngantuk hehe..



Ya kurang lebih kayak gitu lah menu dietnya, kalo protein powder kebetulan aku minum dari Nutrilite yang dari Amway itu loh, trus kalo susu skr ini lagi pake susu WRP. Nah itu kalo dari sisi makanan, skr gimana dari sisi latihan atau olahraga.

Kebetulan gw sekarang ikut kelas aerobic 3 minggu sekali tiap hari Senin, Rabu dan Jumat, nah jadwal olahraga gw kurang lebih kayak gini :


- Aerobic 3 x seminggu, tiap latihan bisa beda2, kadang BL, low impact, high impact, dance, dll


- Latihan beban 3x seminggu juga, sekalian senam jadi manfaatin alat disana. Jadi gw latihan beban dulu sekitar 20-30 menit sebelum mulai aerobic/cardio nya. Latihan beban gw jadwalin beda2, mulai dari punggung, dada, bisep, trisep, perut, kaki, dll. biasanya gw tiap alat bisa 3-4 set sengan 10-12 repetisi. Oh iya, olahraga beban itu penting banget kalo kita pengen cepet nurunin BB, gw juga baru tau, gw pikir kalo cewe angkat beban ntar jadi gede ototnya.. ih sereemm, padahal gak gitu loh.


- Kalo pas bukan jadwal latihan, pagi2 bangun tidur sebelum sarapan biasanya gw maen power rider di rumah 10-15 menit aja (kebetulan suami tercinta beliin ini barang katanya biar gw bisa olahraga dirumah heheh..., ngedukung bgt dia biar aku kurus). Kadang maen hoola hop juga kalo lagi males power rider .




Ya sejauh ini sih baru berjalan 1 bulan, tapi udah mulai keliatan koq hasilnya, walaupun kadang2 dalam seminggu biasanya masih suka ada cheating day alias makan sesukanya hehe.. apalagi kalo ada yang ngajak makan pizza.., wah berantakan deh jadwal dietnya. Tapi lumayan lah, celana udah mulai pada longgar, baju2 yang dulunya sempit & yang udah gw simpen dilemari krn dah gak bisa dipake skr juga udah mulai muat lagi. Wuihhh senengnya.., dan gw berharap masih pengen turun lagi ampe 15-20 kg lagi heheh... biar langsing kayak jaman dulu ;p

Mudah2an diet kali ini bisa berhasil, selain BB turun terus gw langsung hamil deh.. heheh.. amin...

3 comments:

~ R 1 NI ~ said...

dea...pengen ikutan deh dietnya..berat badan dah naek banget nih hikz...kalo cookies wrp nya di ganti sama cookies yang laen gak boleh ya?

Deasi said...

ehm.., boleh aja sih, asal diliat2 aja kalori nya berapa, terus kalo bisa yang kandungan gula nya dikit. Rini mau diet??.. bukannya udah langsing, heheh...
diet kayak gini enak rin, kita gak kelaperan, sering makan asal dikit2 hehe...

cherrie said...

xixixi...blom liat gw sekarang ya?bulet let...skr aja dah mencapai angka 59...baju banyak yg gak muat...kalo duduk juga dah gak nyaman sama perut hehe...pengen agak nuruni aja,paling gak sampe ngerasa nyaman...:D

Post a Comment

Kasih Komentar

About Me

My Photo
Dea
Working as a Researcher for Ministry of Trade. Live in Jakarta. A wife of fabulous husband and the mother of adorable Son. And still trying reach my dreams…
View my complete profile