topbella

Monday, April 20, 2009

Global Trade Analysis Project (GTAP)

3 hari kemaren tanggal 14-15 hari kemaren aku dapat tugas dari kantor untuk ikut pelatihan GTAP yang diadakan oleh litbang kerjasama dengan ITAP. Dulu pas kuliah di MPKP pernah belajar juga sih tentang model ini, tapi dulu belajarnya gak serius, jadi lupa2 inget deh. Padahal seru juga kayaknya kalo tesis ku kemaren pake model ini.

Emang apa sih GTAP itu? Model GTAP merupakan model keseimbangan umum (CGE) yang menfokuskan pada aspek perdagangan internasional dengan tidak mengesampingkan ekonomi mikro dan makro dari negara-negara di dunia. Jadi penekanan GTAP terletak pada keterkaitan perekonomian secara keseluruhan. GTAP ini banyak digunakan untuk menganalis suatu kebijakan yang berkaitan dengan suatu perjanjian perdagangan baik bilateral, regional misalnya APEC ataupun perjanjian dunia seperti WTO. Dengan GTAP ini akan dianalisis keuntungan atau kerugian jika kesepakatan tersebut dilaksanakan. Dan tentu saja ada satu program aplikasi komputer yang dapat digunakan untuk memudahkan pengolahan datanya.

Closure merupakan pengklasifikasian variabel-variable didalam model menjadi variable endogen atau eksogen. Variabel endogen merupakan variabel yag ditentukan oleh model, sedangkan eksogen ditentukan diluar model. Oleh karena itu, variabel-variabel ini dapat menjadi shock ekonomi/kebijakan. Closure ini tentunya harus memiliki sense matematika dan ekonomi. Dengan closure kita dapat menukar variable didalam model.
.
Ntar aku sambung lagi ya, belom aku rangkum nih hasil kursus nya..., keburu capek... hehehe

3 comments:

citra said...

Teteh, susah nich GTAP nya..ga ngerti..ngerti..cape deehh..

fitri said...

mau tau dong tentang GTAPnya,,,
datanya seperti apa?
dapetin datanya gimana?
metodenya?
cara nganalisisnya?
sama intepretasinya?
mohon di bales ya,,,

fitri said...

salam kenal ya,, :)

Post a Comment

Kasih Komentar

About Me

My Photo
Dea
Working as a Researcher for Ministry of Trade. Live in Jakarta. A wife of fabulous husband and the mother of adorable Son. And still trying reach my dreams…
View my complete profile